Cara Membuat Es Kopyor Sendiri dengan Agar - Agar


Cara Membuat Es Kopyor Sendiri dengan Agar – Agar. Salah satu minuman yang segar saat di siang hari yaitu es kopyor, dengan olahan agar – agar yang menyerupai cita rasa  es kopyor versi aslinya. Di lihat sekilas dari bentuknya, bahan kopyor yang di gunakan dalam minuman ini sama dengan isi daging kelapa muda asli cuma ada sedikit perbedaan yang lebih kenyal khas agar – agar  dan rasanya sedikit berbeda dari kopyor yang asli. Namun kalau kita liha secara sepintas, es kopyor agar – agar bisa menjadi pengganti kelapa muda dalam hal rasa dengan harga lebih murah dan terjangkau.
Cara membuat es kopyor sendiri dengan agar – agar sebenarnya sangat mudah dan hampir semua orang bisa melakukanya. Karena bahan – bahan yang di butuhkan untuk membuat es kopyor ini cuma butuh agar-agar, dan santan, agar- agar untuk menambah cita rasa agar bisa mirip dengan rasa daging kelapadan santan kita tambahkan sebagai pelarutnya.
Pada intinya, cara membuat es kopyor dilakukan dengan cara menjadikan agar-agar secara cepat hingga menghasilkan lapisan – lapisan agar-agar yang tipis. Cara yang paling gampang dan sudah semua orang lakukan ialah menyiramkan agar – agar yang baru saja di masak keatas tumpukan es batu sehingga agar – agar matang dengan cepat. Cara ini menghasilkan agar – agar berbentuk lembaran yang tipis seperti daging kelapa muda asli. Dan campuran santan membuat es kopyor tadi terlihat sama dengan daging kelapa muda baik dari warna maupun rasanya.
Resep Es Kopyor buatan Sendiri dengan Agar – Agar
Untuk memperoleh cita rasa dan warna yang sama persis dengan daging kelapa muda asli, agar – agar yang di pilih adalah agar – agar  rasa original atau tanpa rasa dam pilih yang  warna putih, biar nanti jadinya juga warna putih dan setelah dicampurkan dengan santan rasanya biar mengikuti rasa santan. Dan Berikut bahan – bahan yang diperlukan beserta cara membuatnya secara jelas.
Bahan-Bahan yang di butuhkan :
§  1 bungkuss agar – agar powder rasa original / tanpa rasa
§  500 ml santan dari kelapa setengah tua
§  1 sdm gula pasir
§  1/4 sdt garam
§  sirup cocopan seperlunya
§  susu kental manis seperlunya
§  pecahan es batu
Cara Membuat Es Kopyor Sendiri dengan Agar – Agar :
1.      Campurkan santan, agar – agar powder, gula pasir dan sedikit garam kedalam panci.
2.      Masak sampai mendidih sambil diaduk – aduk agar santan tercampur dengan bahan yang lain.
3.      Angkat panci dan diamkan beberapa saat sampai campuran agar – agar agak dingin
4.      Siapkan tumpukan es batu, ambil adonan agar – agar tadi menggunakan sendok dan tuangkan keatas tumpukan es batu. Setelah itu agar-agar akan langsung menggumpal dan membentuk lembaran tipis agar – agar yang hampir sama dengan kelapa muda.
5.      Lakukah langkah ke 4 secara terus menerus hingga agar – agar tidak
6.      Lalu pindahkan lembaran tipis agar – agar pada wadah gelas untuk di sajikan.
7.      Tuangkan sirup cocopandan, lembaran agar – agar dan es batu. Campurkan susu kental manis untuk menambah cita rasanya.\
8.      Es kopyor buatan seendiri dari agar – agar sekarang sudah siap untuk dinikmati.

0 Response to "Cara Membuat Es Kopyor Sendiri dengan Agar - Agar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel