Cara Membuat Es Puter Santan Sendiri di Rumah


Pada jaman ketika kita masih kecil, es puter atau es dung – dung masih dibuat dengan cara manual dengan tenaga manusia alias tanpa menggunakan mesin. Karena pada jam dahulu itu, mesin es puter atau freezer masih sangat jarang orang memilikinya. Solusi untuk membuatnya yaitu dibuat dengan cara manual menggunakan bantuan panci yang diputar - putar diatas pecahan es batu dengan ditambahkan garam supaya suhunya semakin kecil.
Bagi kalian yang ingin mencoba membuat es puter secara manual di rumah, kalian bisa menyimak cara dibawah ini. Panci kecil yang sudah berisikan adonan es dimasukkan kedalam panci besar yang berisi campuran es batu dan garam. Di masukan sekalian pancinya ya. Setelah itu, panci kecil yang berisikan adonan es puter tadi diputar – putar hingga adonan es mengeras dan membentuk tekstur seperti es krim yang lembut. Dan fungsi dari penggunaan garam tadi bertujuan untuk menurunkan suhu es yang ada di dalam panci besar agar es batunya tidak cepat mencair.
Bahan – Bahan yang di perlukan untuk membuat es puter santan sendiri di rumah
o   100 gram tepung hunkwe, tergantung kita membuat seberapa banyak menyesuaiakan saja
o   50 gr tepung maizena
o   100 gram gula pasir secukupnya
o   100 ml santan yang dibuat dengan air mineral supaya nantinya bisa langsung di makan
o   1 buah durian matang, ini bisa request dan di ganti selera kalian
o   1/2 sdt garam
o   air mineral secukupnya
o   es batu secukupnya
o   garam kasar secukupnya untuk proses pembekuan
Cara membuat es puter tanpa mesin sendiri di rumah
1.      Hancurkan durian hingga halus dan terpisah dari bijinya. Atau bisa juga menggunakan mixer agar lebih lembut.
2.      Persiapkan panci ukuran kecil untuk tempat adonan es puter. Masukkan bahan-bahan yang sudah disiapkan tadi. Tepung hunkwe, tepung maizena, gula pasir, garam, durian yang sudah dihaluskan dan segelas air.
3.      Aduk perlahan hingga tepung larut dan pastikan agar merata dan tidak menggumpal.
4.      Letakkan panci berisi adonan tadi diatas api yang nyalanya kecil. Aduk perlahan hingga gula pasir larut dalam adonan dan berbentuk menggumpal menjadi seperti bubur.
5.      Angkat panci dari api dan tuangkan santan kedalam adonan dan aduk secara cepat agar santan dan adonan menyatu. Jika kalian punya mixer, gunakanlah agar prosesnya lebih cepat merata dan menjadi adonan yang kental dan cair. Dinginkan adonan hingga beberapa saat.
6.      Siapkan wadah panci yang lebih besar dari panci tadi. Letakkan panci yang sudah berisikan adonan es puter diantara wadah panci yang besar tersebut.
7.      Masukkan pecahan es batu diantara wadah panci besar dan panci kecil yang berisi adonan es puter. Campurkan garam kasar secukupnya pada pecahan es batu.
8.      Putar-putar panci yang berisi adonan es hingga adonan perlahan-lahan menggumpal membentuk tekstur es krim. Pada proses ini memang agak melelahkan, tetapi akan terbayar lunas ketika kalia melihat adonan yang berubah sedikit demi sedikit menjadi es krim.
9.      Setelah semuanya adonan menggumpal, maka es puter sudah jadi dan siap di nikmati.

0 Response to "Cara Membuat Es Puter Santan Sendiri di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel