Cara Membuat Pentol Mercon Resep Buatan Sendiri


Setelah hari raya idul adha gini enaknya buat bakso atau pentol dari daging sapi yang di dapat dari orang – orang yang menhembelih hewan kurban ya. Dan kalian ngerti apa tidak perbedaan dari bakso dan pentol? Yap, Perbedaannya ialah jika pada bakso hanya sedikit menggunakan tepung tapioka sedangkan pada pentol sendiri tambahan tepung tapioka lebih banyak dari bakso. Walaupun campuran tepung tapioka lebih banyak, rasa dari pentol itu sendiri tetap enak dan nikmat tidak jauh dari bakso, apalagi jika kalian menambahkan bumbu yang sangat pedas. Kalian bisa menikmati pedasnya pentol mercon jika kalian praktekan dan simak berikut resep Pentol Mercon berikut:
Bahan-bahan yang di perlukan untuk membuat pentol mercon:
Pertama kita buat bahan pentolnya terlebih dahulu yaitu dengan mengumpulkan bahan – bahan berikut ini
o   100 gram daging sapi, potong kecil-kecil
o   1/4 cup es batu
o   75 gram tepung tapioka
o   1 butir telur
o   1 siung bawang putih, iris-iris, goreng sebentar
o   1/2 sdt bawang putih bubuk
o   1/2 sdt merica
o   1 sdt garam
o   1/2 sdt kaldu bubuk
o   1 sdt gula pasir
o   1/2 sdt baking powder
o   1 liter air
Jika kalian ingin mudah membuat bahan – bahanya, kalian pergi ke pasar dan cari tempat penggilingan daging, biasanya di sana sudah tau kalau kalian mau buat pentol. Jadi penjualnya langsung menyiapkan bahan – bahan pelengkap jadi kita terima jadi beres dan tinggal memasak
Sedangkan jika kalian meracik sendiri bahan pentol merconnya maka kalian simak kelanjutan bumbunya :
o   500 ml air kaldu
o   2 sdt garam
o   1/2 sdt merica
o   1 sdt gula pasir

Bumbu yang sudah dihaluskan terlebih dahulu :
o   2 siung bawang putih
o   3 siung bawang merah
o   50 gram cabe keriting
o   3 buah cabe merah
o   20 buah cabe rawit (kondisional bila ingin lebih pedas tambahkan lebih banyak)

Kita lanjut ke cara membuat pentol mercon :
1.      Panaskan air sampai mendidih
2.      Haluskan potongan daging sapi dengan es pada blender sampai halus. (jika kalian terima jadi beres di pasar langsung skip langkah ini)
3.      Tambahkan sisa semua bahan untuk pentol, haluskan dalam blender kembali (skip jika kalian sudah mencampurnya di pasar tadi)
4.      Ambil adonan pentol dengan tangan kiri lalu tangan kanan ambil adonan pentol dengan sendok, bentuk bulat – bulat dan masukkan pada air yang mendidih. Lakukan berulang sampai adonan habis. Setelah itu tunggu sampai pentolnya mengambang.
5.      Setelah semua pentol mengambang mengambang, ambil pentol dan letakkan pada wadah yang sudah diberi es. Biarkan dulu beberapa menit, kita lanjut buat bahanya.
6.      Tumis bumbu mercon yang sudah dihaluskan sampai harum baunya, lalu tambahkan kuah kaldu secukupnya, garam, merica dan gula, aduk samapi merata. Koreksi rasa apakah sudah nikamt apa belum. Setelah itu masukkan pentol, masak sampai bumbu menyerap. Angkat dan sajikan dalam keadaan masih panas.
7.      Pentol Mercon buatan sendiri siap untuk di nikmati. Rasa pedas dan panas membuat rasanya semakin nikmat dan pedas

0 Response to "Cara Membuat Pentol Mercon Resep Buatan Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel