Kenali Fakta Unik ASMR dan Manfaatnya



Apa itu ASMR?
Jika kalian sering browser di youtube, sudah tidak asing mendengar kata ASMR, ASMR biasanya identik dengan makan yang di record dan sebar di media sosial youtube, ASMR yang mempunyai kepanjangan (autonomous sensory meridian response) adalah respon yang muncul ketika tibuh melihat atau mendengan bunyi-bunyian atau visual yang terasa menyenangkan yang didapatkan orang ketika mereka menonton video yang merangsang alias menstimulasi. Sensasi yang timbul ketika melihat atau mendengarkan bunyi bunyian, ini juga biasanya digambarkan sebagai perasaan geli atau merinding di sekujur tubuh pemirsa maupun pendengar. Namun hal ini berbeda jenisnya dengan sensasi merinding yang biasanya membuat orang tidak nyaman. Tidak sedikit orang yang merasakan sensasi merinding yang timbul saat menonton ASMR ini justru bisa membuat tubuh kalian merasa rileks, nyaman, happy, bahkan bisa membuat tidur pulas.
Bagaimana Terjadinya ASMR?
Sensasi yang dirasakan oleh seseorang terhadap ASMR sebenarnya bermacam - macam. Hal ini dikarenakan ASMR mencakup fokus dan pengalaman pribadi. Sensasi merinding yang muncul ketika seseorang melihat atau mendengarkan video ASMR biasanya akan bermula dari ujung kulit kepala bagian atas,dilanjutkan menjalar ke seluruh leher lalu sepanjang punggung. Biasanya, sensasi ini juga dapat bergerak ke bagian kedua lengan sampai ujung serta ujung – ujung kaki.
Hal Menarik Lainya tentang ASMR
1.     Menimbulkan rasa rileks dan membantu mengatasi depresi
Banyak penyuka video ASMR mereka yang mengaku merasakan sensasi tenang dan rileks saat mereka mendengarkan atau menonton video ASMR. Suara-suara yang lembut itu berasa begitu syahdu dan menarik sekaligus menenangkan untuk di nikmati seseorang. Kondisi ini membuat mereka menjadi ketagihan untuk mendengarkan dan menonton video yang lainya ketika mereka mulai mengalami tekanan kejiwaan, stres ataupun lelah karena kegiatan yang di lakukan seharian.
2.     Terapi pengobatan insomnia atau tidak bisa tidur
Karena dapat menyebabkan efek yang menenangkan, ASMR banyak digunakan untuk membantu mengatasi permasalahan sesorang sulit tidur yang kerap dialami sebagian besar masyarakat. Setelah menonton dan mendengarkan ASMR, pikiran akan menjadi lebih rileks dan tenang sehingga lebih mudah menjaga kualitas tidur yang cukup karena suara-suara lembut dan tenang yang mengiringinya, sehingga seseorang bisa terlelap dalam tidurnya
Efek ini juga tak berbeda jauh dengan ketika kita masih bayi, orang tua kita akan menyayikan lagu ringan dengan suara yang lembut dan tenang untuk membuat kita menjadi lebih rileks dan kemudian kita merasa gantuk dengan sendirinya.
3.     Memberi "ruang istirahat" dalam otak
Menurut Carl W Bazil  yang merupakan seorang profesor bidang neurologi dari Columbia Medical Center dan Direktur Sleep Disorders Center. ASMR diyakini dapat memberian "ruang istirahat" dalam otak sehingga memberi kesempatan untuk pendengarnya melakukan meditasi, relaksasi dan hipnosis untuk otaknya juga untuk mengembangkan imajinasi, yang semua itu bermanfaak untuk perawatan dari permasalahan emosional.
4.     Menimbulkan euforia positif dan sensasi menggelitik pada tubuh
ASMR juga dapat digunakan untuk menggambarkan sensasi menggelitik yang dialami otak dalam, permukaan kulit, leher belakang, maupun bagian ujung tubuh lainya, sebagai jawaban atas rangsangan sensor tubuh ketika kita mendengarkan bunyi-bunyian dari video atau rekaman suara ASMR. Dengan merespon ASMR, menimbulkan sebuah euforia kecil yang menyenangkan pada tubuh. Tak hayal video-video youtube tentang ASMR banyak cari dan menjadi tontonan yang menyenangkan bagi pengunjung.
5.     Efek yang ditimbulkan berbeda pada tiap orang
Namun kenyataanya tidak semua orang berpendapat yang sama perihal respon tubuh terhadap ASMR ini, sebagian orang justru tak suka mendengarkan orang mengunyah dan menimbulkan suara-suara konstan yang membosankan dan jijik.  Karena bagi beberapa orang respon terhadap tersebut sangat berhubungan dengan memori yang memicu respon khusus. Jadi kesimpulanya tidak semua orang dapat merasa tenang terhadap bunyi – bunyian ASMR melainkan kita juga bisa menemukan orang yang justru tak suka mendengar bunyi-bunyian ASMR karena respon ini sesungguhnya amat personal untuk masing-masing orang.


0 Response to "Kenali Fakta Unik ASMR dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel