Tips Membedaan Margarin dan Mentega yang Harus Kalian Ketahui


Mengetahui Bedanya Margarin dan Mentega (Butter) yang harus kita ketahui - Bagi kalian yang belum terbiasa memasak, mungkin membedakan kedua bahan ini sangat sulit untuk dibedakan. Banyak yang berpikir bahwa mentega dan margarin merupakan bahan yang sama. Yaitu sama-sama bahan untuk membuat kue, hanya sedikit berbeda istilah saja. Padahal, kedua bahan ini tentunya sangat berbeda di lihat dari bahan dasar, tekstur hingga penggunaannya. Lalu jika memang keduanya berbeda, apa saja yang membedakan dari margarin dan mentega?
Biar kalian faham dan mengerti jika kalian nanti di dapur simak sedikit penjelasanya dibawah ini.
Perbedaan Mentega dan Margarin di lihat dari Bahan Dasarnya
Mentega atau kalian kenal dengan butter ini terbuat dari lemak hewani yang disebut butterfat, yaitu lemak susu atau krim susu yang terdapat di dalamnya lemak jenuh sangat tinggi. Krim ini didapat setelah susu dibiarkan dalam suhu dingin setelah beberapa hari, sehingga membentuk gumpalan – gumpalan setengah padat (krim) yang sudah terpisah dari bagian cairnya (skim).
Margarin terbuat dari minyak nabati, air, beberapa bahan pelengkap lainnya sehingga membentuk krim padat. Karena bahan utamanya terbuat dari minyak nabati, margarin mempunyai kadar lemak dan kolesterol yang lebih rendah dari mentega itu tadi.
Perbedaan Mentega dan Margarin di lihat dari Tekstur
Mentega mempunyai tekstur yang lebih lembek, sehingga lebih pas jika disimpan didalam kulkas. Jika ditempatkan di ruangan biasa, mentega akan lebih cepat melelehnya daripada margarin.
Sedangkan margarin berbeda dengan mentega, margarin mempunyai tekstur yang lebih stabil, meskipun lembek akan tetapi tidak mudah meleleh jika di letakan didalam suhu ruang. Dan tetap dalam bentuk krim padat (tidak meleleh).
Perbedaan Mentega dan Margarin di lihat dari Warnanya
Kadang – kadang, mentega mempunyai warna yang lebih pucat atau lebih putih jika dibandingkan dengan margarin.
Sementara margarin mempunyai warna yang lebih Jelas dan lebih kuning dibandingkan dengan mentega.
Khusu perbedaan ini tidak menjadi acuan karena tidak bersifat mutlak, karena ada beberapa mentega yang warnanya lebih kuning dibanding margarin.
Perbedaan Mentega dan Margarin di lihat dari Rasanya
Umumnya, mentega rasanya lebih tawar dibandingkan dengan margarin. Begitupun sebaliknya, margarin kalau dirasakan lebih asin dibandingkan dengan mentega. Tetapi kembali lagi ini juga tidak bisa menjadi patokan, karena sudah banyak mentega yang ada beberapa jenisnya seperti salted butter dan unsalted butter yang rasanya asin juga.
Demikian juga dengan margarin. Namun pada umumnya, biasanya margarin lebih asin dibandingkan dengan mentega.
Perbedaan Mentega dan Margarin di lihat dari Aromanya
Karena mentega yang terbuat dari krim susu, mentega mempunyai aroma yang wangi sedap dan dapat meningkatkan selera makanmu seperti halnya aroma susu pada umumnya.
Sedangkan margarin pada saat dipanaskan mempunyai aroma sedikit kecut yang khas.
Perbedaan Mentega dan Margarin di lihat dari Penggunaan
Mentega dengan Bentuknya yang lembek sangat cocok dijadikan bahan untuk membuat kue kering seperti cookies, nastar dll. Jika menggunakan mentega akan menghasilkan tekstur kue yang lembut dan ringan ketika dimakan, sehingga tidak cocok untuk dijadikan bahan membuat kue basah seperti cake dll.
Itulah tadi bedanya Margarin dan Mentega (Butter) yang harus kita ketahui biar kita tidak salah dalam memasak dan membuat kue / cake

0 Response to "Tips Membedaan Margarin dan Mentega yang Harus Kalian Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel